Sabtu, 10 Desember 2011

Contoh Naskah Radio

Percakapan Pembuka (Lyla – mantan kekasih)

25 detik BS
105.8 FM Generation Radio//selamat malam geners muda//gimana kabar geners malam ini?//malam ini tanggal 22 bulan 11 tahun 2011//selama satu jam ke depan//tepat nya sampai jam 9 malam//gue//surya//bakal nemenin geners dengan lagu-lagu dan informasi ATD nya(Up to date anak muda) //yang pastinya//membuat geners ga bosen dengerin gue cuap2 selama 60 menit lamanya//
15 detik BS
Lagu yang barusan geners dengar//mungkin bisa menjadi gambaran//tema apa yang gue bahas malam ini//Mmmm,,coba tebak?//
5 detik BS
betul banget//gue sampai bosen//ngebaca status geners di situs jejaring sosial//yang rata-rata//selalu mengenai cinta cinta dan cinta//atau istilah keren nya sedang galau//
5 detik BS
Dan Ngomong-ngomong soal galau//malam ini//gue ditemenin dengan pakar nya //namanya mas yusuf//selamat malam mas yusuf//(malam)//nah//sebelum kita mengupas habis ilmu nya mas yusuf//gue  mau kasih tau//untuk geners //yang ingin mengirimkan kata-kata galau nya//bisa dikirimkan melalui nomor 0815-105-8-105// dengan format//nama spasi lokasi spasi isi pesan//lalu kirim ke 0815-105-8-105//
5 detik BS
Gue bakal ngebacain sms geners yang menurut gue menarik dan gue bakal milih dua sms//yang menarik perhatian gue//untuk mendapatkan souvenir serta tiket gratis masuk dufan dari 105.8 FM generation radio pastinya//

3 detik BS
anyway//gue tunggu ya//

Putar 1 lagu ( Agnes monica – Rindu ) Durasi 04.18

Teasing (backsound Christian Bautista – Since i Found you)
20 detik BS
105.8 FM Generation Radio//masih sama gue//surya//
10 detik BS
geners//Belum ada 5 menit//sms sudah banyak yang masuk//ternyata terbukti //kalau sekarang ini banyak yang sedang galau//hahahhahaha
15 detik BS
//oke geners//malam ini gue dengan mas yusuf akan membahas dan memberikan tips-tips untuk yang sedang galau //dan gue juga akan membacakan sms dari geners pastinya//tapi setelah yang mau lewat//jadi jangan ganti frekuensi//tetap staytune di 105.8 FM Generation radio//

Putar 1 lagu Memoirs bali – ahn due get ni durasi 04.20

BS Bryan Adams – When You Love Some One 
20 detik BS
Masih di 105.8 FM generation radio//
10 detik BS
Cukup gerah juga//kalau melihat orang yang sedang galau// Sebenernya arti galau itu apa sih?//Jaman sekarang banyak banget//gue liat//status ga jelas atau bisa dibilang lebay di twit dan fesbuk//apa itu yang dinamakan galau?(dengan nada bertanya-tanya)//daripada gue cuap-cuap yang ga ada ujung nya//mending kita tanya aja langsung ke pakarnya//malam mas yusuf//(y)malam
Percakapan

P : sebenarnya galau itu apa sih mas?
Y : menurut gue, Galau adalah suasana hati yang dimiliki seseorang karena resah, gelisah, cemas, takut, rindu, penasaran, kasmaran.
Galau itu salah satu gejolak jiwa, yang bilamana berlaku berulang-ulang dapat menyebabkan orang itu tak berdaya membebaskan diri dari semua perasaan itu.
P : berarti bisa dibilang kalau galau itu ga harus  soal cinta, nah untuk mengetahui ciri-ciri orang yang sedang galau itu gimana mas?
Y : bener banget,jadi perasaan galau itu ga Cuma mengenai soal cinta aja tapi bisa juga mengenai sahabat,teman,atau keluarga. (diam 2 detik) ciri-ciri orang yang sedang galau itu
1.    yang pertama doi selalu menunjukkan sikap Resah dan Mengeluh, biasanya dipengaruhi oleh mood yang sedang buruk..
2.    kedua Self-Centered, Semua pembicaraannya lebih banyak tentang dia, dia dan dia serta Memuji diri sendiri yang berlebihan.
3.    Ketiga, Membiarkan masalah pribadi diumbar ke publik.
4.    Ke empat, Membuat banyak status dalam waktu singkat, karena sering aktif di dunia maya, doi bisa update status dalam hitungan menit untuk menunjukkan betapa eksisnya doi dan betapa doi butuh teman curhat.
5.    kelima, Aktif di banyak situs jejaring sosial
Facebook saja tidak cukup, doi akan membuat akun di Twitter, Plurk, Yahoo atau sejenisnya, pokoknya yang bisa buat update status untuk mengabarkan ke dunia tentang perasaannya. Biar ga repot, biasanya dia menggunakan sistem feed dimana cukup update status dari satu social media dan secara otomatis akan terkirim ke beberapa akun social media.
P : ternyata apa yang dibilang mas yusuf//banyak banget yang udah terjadi saat ini//gue ga sabaran nih mau tanya-tanya lebih banyak lagi soal galau//sayangnya kita harus break komersial dulu nih mas//oke geners//setelah kita break//kita akan membahas penyebab galau itu apa sih dan cara mengatasi nya gimana//naah makin penasaran kan//makanya tetap staytune di 105.8 FM Generation radio

Putar 1 lagu Adrian Martadinata – Ajari aku 03.44

BS Kelly Clarkson – Because of you (2x putar)
15 detik BS
topik nya makin panas dan makin banyak aja nih sms yang masuk//sebelum kita lanjut ke topik yang sedang kita bahas tadi//gimana kalo gue refresh dulu kali ya//otak geners yang sedang serius mendengarkan 105.8 FM generation Radio//biar ga terlalu gimana gitu//
5 detik lagu
Oke//Gue bakal ngebacain sms yang udah masuk di 0815-105-8-105//sms yang pertama dari astri//di ciledug//ehem ..// gue mesti hayati dulu nih kata-kata
3 detik lagu
// seseorang yg “mencintaimu” pastinya juga “mengagumimu “, tapi seseorang yg hanya “mengagumimu ” belum tentu bisa “mencintaimu”.//
//ooouuhhh (nada lebay)//next//
MMmm... sakit hati ini..!!tak dapatkah, sdkit saja kau mengerti ? oh Tuhan…masih adakah harapan kecil bagiku untuk mendapatkan sdikit hati kecilmu?//
 //Dari upay di jombang //sedangkan vicki di muncul bilang//
//Aku memaafkanmu karena aku tidak bisa membencimu. Dan kamu tahu itu kenapa? Karena aku sayang sama kamu//
//so sweet kata-kata nya//aduh geners//gue jadi makin galau nih ngebaca sms dari geners//daripada gue ketularan galau//mendingan kita ngobrol lagi dengan mas yusuf//
P : mas,, sebenarnya penyebab orang menjadi galau itu kenapa sih mas?
Y : Sebenarnya perasaan galau muncul disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya:
1.Kurang teman
Lo yang lagi punya banyak masalah, tapi bingung mau cerita atau curhat ke siapa, karena lo kurang memiliki banyak teman atau gak punya teman dekat yang bisa diajak curhat. Dari sini lah perasaan Galau itu mulai muncul karena masalah yang sedang kita hadapi cuma bisa kita pendam dalam hati. Apalagi bila hal itu berlangsung terlampau lama, perasaan Galau itu bisa berubah menjadi musibah, yaitu menyebabkan kita sakit.
2.Tayangan media
Hampir tiap hari kita disuguhkan dengan tayangan-tayangan di televisi yang berisi tentang masalah-masalah kehidupan manusia, entah itu nyata (berita) atau cuman rekayasa (sinetron). Efek dari itu semua yang menyebabkan mental kita menjadi lemah ketika suatu masalah menimpa kita, mudah menyerah, dan gampang emosi. Pada akhirnya perasaan Galau itu akan menghinggapi kita.

3.Jarang Ibadah
Kita hidup didunia ini pastinya meyakini adanya Tuhan. Semua kehidupan di dunia ini sudah diatur sama yang Tuhan, termasuk masalah yang sedang kita hadapi. Karena nya ketika kita lagi punya masalah, baik nya jangan cuma bisa mengeluh, mengeluh dan mengeluh pada orang lain, tapi laporkan masalah kita itu kepada Tuhan. Beribadah dan berdoa memohon petunjuk Nya dan meminta supaya masalah kita itu segera berakhir dan ada jalan keluar yang terbaik bagi kita dan orang lain. Bila kita jarang ibadah dan sering melupakan tuhan, maka perasaan Galau itu akan semakin nyata.

P : nah kalo geners yang sedang dengerin dirumah atau dijalan//punya kebiasaan galau yang sudah terlalu banget//untuk mengatasi kebiasaan itu agar  bisa berkurang atau syukur2 ilang//bagaiamana cara nya mas?
Y : tips yang bisa gue kasih,,
Berfikirlah kaya gini, semua hal ini terjadi karena lo akan ujian kenaikan tingkat, lo harus yakin Tuhan memberimu ujian karena lo pantes buat dapetin kelas yang lebih tinggi dari sebelumya. Dan inget Tuhan ngga mungkin ngasih cobaan ke elo yg elo ngga mampu buat ngatasinya. Tuhan ngasih cobaan ke kita itu berarti Tuhan sayang ke kita.Hadapi semuanya dengan tenang, positive thinking, dan tersenyum. Ini bakalan bikin lo lebih relax dan sadar bahwa masalah yang lo adepin ngga seberat yang lo bayangin.Hadapi yang bakalan terjadi bukan ngehindarin apa yang lo takutin. Hadapi ngga selalu berdampak negative kok, kebanyakan malah bedampak positive, tapi kalo menghindari itu pasti malah bikin lo kalah dari segi mental.
10 detik BS
P : //(dengan nada lebay)
andaikan kita bisa mengobrol lebih banyak lagi//mungkin kita bisa memberikan sentuhan di kuping pendengar//tapi waktu telah membatasi perjumpaan kita malam ini
Y : yaah penyiar nya jadi ketularan galau hahahah
P : hahhahahaah//oke mas yusuf//seneng banget dan terima kasih banyak//udah mau kasih ilmunya dan yang lebih penting bisa hadir di 105.8 FM generation radio// jangan kapok main ke sini ya mas kalo bisa sering-sering main kesini//biar geners makin betah dengerin 105.8 FM generation radio//
Y : sama-sama
P : oke see you next time mas yusuf//
5 detik BS
gimana geners//tips2 dan ilmu yang diberikan mas yusuf//mudah2 an bermanfaat//

Putar 1 lagu Seventeen – saat harus memilih

Iklan
Ten 2 Five – you BS
Naah//untuk geners//daripada galau//yang ga jelas kegiatan nya//mending ikutan tuh Parade Musik 2011//di sana geners bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa //karena parade musik ini hanya di selenggarakan 1 tahun sekali//dan menurut pengalaman tahun kemarin//acara nya sangat keren dan dihadiri artis-artis lokal//jadi rugi deh kalau ga ikutan//
5 detik BS
kalau geners ketinggalan informasi nya//gue bakal kasih tahu lagi//acara nya bakal di selenggarain//tanggal 29 Januari 2011/ Di BSI Ciledug G2//jl.Ciledug Raya no.168//Ulujami Jakarta Selatan//
5 detik BS
Untuk biaya pendaftaran Cuma Rp.100.000 aja//untuk contact person bisa menghubungi andre//di nomor//021-781-234//
5 detik BS
Oke geners//sekarang saat nya gue bacain lagi sms dari geners//tapi sebelum nya gue mau mempersilahkan teman gue ferri untuk memberikan informasi//
Informasi (ferri)
//oke geners//sebelum gue bacain sms //gue mau informasikan bahwa jalur sms sudah ditutup//
10 detik BS
Aku ingin menyanyikan lagu yang paling kau suka, meski lidahku kelu sejak kau perlahan berpaling menjauhi cinta// dari diah di pamulang//
3 detik
Surya di pondok kacang berkata//sesaat kau buatku bahagia, sesaat juga kau buat hati ini perih.//
3 detik
 makin sulit nih//untuk memilih pemenang nya//
5 detik
Kira-kira siapa ya//setelah lagu berikut ini aja deh//

Putar 1 lagu Killing Me Inside – Forever 03.55


Closing
Avril Lavigne – Wish you were here BS
10 detik (backsound)
Oke geners//pemenang sms galau hari ini//jatuh kepada//deng deng deng// vicki dan diah//yee//(suit2)//selamat untuk pemenang//hadiah bisa diambil di 105.8 FM generation radio//untuk yang belum menang jangan berkecil hati karena minggu depan gue masih bakal kasih hadiah dan kejutan yang ga kalah menarik//makanya tongkrongin terus 105.8 FM generation radio
10 detik BS
Yah... udah gak terasa nih geners... // Waktunya udah abis // Saatnya gue surya pamit//Thanks buat semuanya //dan jangan lupa //setelah ini  bakal ada acara “Request lagu favoritmu”  dari jam 9 malam / sampai jam 1 malam nanti// Jadi / jangan kemana-mana ya.

2 komentar:

  1. likee thiss ,, bguus bgdt kak ,, sering" bkin naskah eac kak .. byar bisa bwt blajaar ,, .

    BalasHapus